Pesona Lie Mabala Di Sabu Raijua: Gua alam Mabala atau singkatnya disebut “Lie Mabala” “Lie Mabala” berada di Desa Eimau, Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT

 

lie mabala
Lie Mabala Di Sabu Raijua, Sumber Foto: Validnews.id



LIE MABALA, SABU TENGAH-SABU RAIJUA
(My Album : Explore Sabu Raijua, Sony Pelokila)

Gua alam Mabala atau singkatnya disebut “Lie Mabala”. “Lie Mabala” berada di Desa Eimau, Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT. 

Gua ini terletak dibawah sebuah pohon beringin tua dan akar dari pohon beringin ini sekaligus berfungsi menjadi konstruksi penguat bagi dinding dan atap gua tersebut. Untuk masuk ke mulut gua ditempuh melalui tangga vertikal dengan menuruni beberapa tangga yang terbuat dari jenis kayu kelas satu.
gua mabala di sabu
Lie Mabala Di Sabu Raijua, Sumber Foto: pos-kupang.com




Dalam Gua Mabala terdapat enam (6) lubang pada atapnya, sehingga didalam gua ini ada sirkulasi oksigen dan dapat ditembusi oleh sinar Matahari pada siang hari (kawasan karst). Gua ini tidak terlalu menyeramkan sebagaimana gua lainnya yang tidak ditembusi oleh sinar Matahari. Menurut legenda, salah satu cabang dari Gua ini dapat menembus hingga ke beberapa tempat di pulau Sabu. Namun hingga kini cabang atau bagian dari Gua tersebut belum dibuka untuk umum.
lie atau gua mabala di sabu raijua ntt
Lie Maballa di Sabu Raijua. Sumber Foto: Mytrip.co.id



Dalam kawasan karst ini, ditemukan sebuah fosil mirip seperti buaya jika dilihat dari kountur berbatuan tersebut. Mungkin saja fosil mirip seperti buaya terbentuk akibat evolusi stalaktit. Disisi lain dari dinding tersebut juga terdapat beberapa spot berbentuk fosil yang diyakini merupakan peninggalan Mabala. Namun percaya atau tidak percaya, dulunya Gua ini oleh orang-orang Sabu setempat dijadikan tempat sakral dan diyakini mempunyai kekuatan mistis.


Menurut cerita tokoh adat setempat, Mabala adalah seorang pejuang asal sabu yang ditangkap oleh bangsa Portugis sekitar awal abad 16. Mabala diasingkan atau dibuang ke Madagaskar pada saat itu, namun dengan caranya sendiri, Mabala dapat kembali pulang ke Sabu dan bersembunyi pada gua ini. Oleh karena itu, Gua ini disebut dengan nama “Lie Mabala” yang berarti “Gua Mabala”.
wisata di sabu raijua ntt
Lie Maballa. Sumber Foto: Beritawaisata.com

Sudah banyak fasiltas untuk mendukung “Lie Mabala” menjadi obyek wisata. Disekitar “Lie Mabala” terdapat beberapa Lopo yang dapat memanjakan mata anda untuk memandang dengan luas laut Sawu ditemani angin sepoi-sepoi yang menyejukan hati anda.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel